Concept Design : All New Yamaha YZF-R9

Julak Sendie Design – Kehadiran All New Yamaha YZF-R7 mendapat banyak respon beragam dari semua orang, banyak yang beranggapan bahwa desain Yamaha R7 lebih radikal jika dibandingkan motor Yamaha R-Series lainnya dimana lampu utama projector di tengah lubang cover headlamp. Selain itu, banyak juga yang memuji desain All New Yamaha R7 ini karena tampil dengan desain baru yang lebih menarik dan sporty.

Yamaha YZF-R7

All New Yamaha R7 merupakan motor sport fairing yang basisnya diambil dari motor versi naked-nya yaitu Yamaha MT-07. Sejak kemunculan Yamaha R7 dan dengan tidak diproduksi lagi Yamaha R6 maka muncul berbagai rumor akan hadirnya motor terbaru dari Yamaha yang merupakan versi sport fairing dari MT-09 yaitu All New Yamaha YZF-R9. Yamaha R7 memiliki sasis yang sama persis dengan Yamaha MT-07 sehingga ada kemungkinan kalau memang benar hadir Yamaha YZF-R9 maka basisnya juga mungkin akan mengambil dari Yamaha MT-09.

Yamaha MT-07 & YZF-R7

Yamaha MT-09 secara konstruksi memiliki rangka mirip dengan Yamaha R6 yaitu menggunakan frame model deltabox walapun dimensinya tidak sebesar Yamaha R6, sedangkan Yamaha MT-07 dan YZF-R7 sama-sama menggunakan frame model tubular sehingga desain body Yamaha YZF-R9 kemungkinan akan mirip seperti Yamaha R6 tapi dengan update tampilan layaknya Yamaha R7. Untuk itu JSD mencoba membuat konsep desain All New Yamaha R9 yang merupakan perpaduan antara R6 dan R7.

Yamaha MT-09

Basis motor yang JSD gunakan untuk membuat konsep desain Yamaha YZF-R9 adalah Yamaha MT-09. Sasis, suspensi, velg, arm, ban, spakbor depan dan perangkat pengereman masih menggunakan part yang sama dengan Yamaha MT-09. Karena Yamaha R9 merupakan motor sport fairing maka stang dibuat underyoke sehingga posisinya lebih rendah jika dibandingkan MT-09. Cover headlamp dibuat sama persis seperti Yamaha R7 dengan lampu utama projector ada di lubang air-ram dan untuk spion menggunakan model yang memiliki lampu sein seperti Yamaha R6. Karena sasisnya juga mirip seperti R6 maka desain tangki juga dibuat mirip seperti Yamaha R6 dengan bentuk yang dibuat proposional dan menyesuaikan frame dari Yamaha MT-09.

Concept All New Yamaha YZF-R9 v.1

Desain body belakang dibuat mirip seperti Yamaha R7 dengan tampilan meruncing dan cover belakang dibuat ulang dengan menyesuaikan bentuk dari rangka body belakang Yamaha R9. Desain fairing tengah JSD buat dengan menggabungkan desain dari Yamaha R6 dan R7 serta di-desain ulang sesuai dengan bentuk sasis Yamaha R9. Bagian atas fairing sama persis seperti R7, sedangkan bagian tengah hingga undercowl dibuat mirip seperti R6 tapi dengan bentuk yang berbeda menyesuaikan bentuk mesin dan posisi pengisian oli. Desain fairing ini JSD buat sedemikiran rupa agar terlihat proposional dan terlihat menyatu dengan bentuk body depan dan juga body belakang.

Concept All New Yamaha YZF-R9 v.2
Concept All New Yamaha YZF-R9 v.3

Gimana menurut sobat dengan desain All New Yamaha YZF-R9 ini, cocok kah sebagai pengganti Yamaha R6..?

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.