New 2023 Yamaha Xmax 300

JSD | Julak Sendie Design – Beberapa saat lalu melalui halaman website resminya, Yamaha Eropa secara resmi memperkenalkan motor terbarunya di kelas Maxi Skutik yaitu New Yamaha Xmax 300 dan Xmax 125. Sebelumnya sudah banyak beredar bocoran atau foto spyshot yang memperlihatkan penampakan motor ini dan JSD pun sudah pernah membuat desain render untuk motor ini dan hasilnya pun tidak jauh berbeda dengan aslinya. Perubahan besar di New Yamaha Xmax 300 ini memang lebih banyak di tampilan dan fitur terbaru yang sangat cocok dengan karakter motor ini.

Desain tampilan New Yamaha Xmax 300 sekarang ini terlihat lebih futuristik dengan desain shape lebih mengarah ke bentuk persegi tapi dengan sudut yang tajam. Berbeda jauh dengan Yamaha Xmax versi awal yang tampilan desainnya serba tajam dan lancip, khas motor sporty. Jika dibandingkan dengan versi lama maka perbedaannya dapat dilihat hampir di semua sisi. Lampu depan yang bentuk awalnya seperti lampu motor sport dengan dual headlight tajam kemudian diganti dengan lampu yang sudah menggunakan DRL dibagian bawahnya sehingga jika dilihat secara keseluruhan akan membentuk seperti huruf X. Perubahan besar juga dilakukan di bagian lampu sein dimana ciri khas lampu sein Maxi Yamaha yang selama ini ada di bagian sayap motor sekarang dipindah di bagian cover samping windshield. Secara konsep, lampu sein ini justru seperti menghilangkan kesan matic sporty yang selama ini menjadi ciri khas dari Xmax menjadi kesan futuristik dengan teknologi terbarunya. Perubahan di bagian lampu ini juga ikut berpengaruh pada bentuk dari cover sayap Xmax yang baru. Jika dilihat dari depan maka sobat bisa lihat kalau shape dari New Yamaha Xmax 300 ini lebih ramping dan minimalis.

Perubahan besar selanjutnya ada dibagian bodi belakang yang lagi-lagi menghilangkan ciri khas Xmax selama ini yang serba lancip menjadi bentuk yang lebih mengotak tajam. Jika sobat ingat Yamaha Gear 125 maka sobat akan sadar kalau ada sedikit persamaan bentuk cover body belakangnya. Bentuk mengotak ini merupakan imbas dari bentuk lampu belakang baru yang bentuknya kembali menghilangkan ciri khas dari Xmax. Saat kita melihat lampu belakang motor Xmax di jalanan maka seketika kita pasti tahu kalau itu adalah motor Xmax, bahkan banyak variasi lampu belakang Nmax 155 pun ikut dimodif menyerupai lampu Xmax.

Lampu belakang New Yamaha Xmax 300 sekarang menurut JSD justru lebih mirip dengan lampu All New Yamaha Nmax 155. Mungkin Maxi skutik Yamaha lainnya juga akan mengikuti konsep yang baru ini. Kalau sobat lihat dari sisi belakang memang lebar motor Xmax yang baru ini jauh lebih ramping dari versi yang lama. Mungkin ini jawaban dari Yamaha yang mendengar banyak keluhan dari pengguna Yamaha Xmax sering mengalami lecet dan baret di cover body belakang karena dimensinya yang terlalu lebar.

Selain perubahan di tampilan, New Yamaha Xmax 300 juga dibekali dengan banyak fitur terbaru seperti di bagian dashboard yang sekarang sudah dibekali dengan layar TFT berukuran 4,2 inchi dan bisa dikoneksikan ke smartphone. Layar ini juga dapat berfungsi sebagai maps sehingga sobat bisa berkendara sambil melihat peta selama perjalanan tanpa harus membawa bracket HP lagi. Selain fitur tersebut, teknologi Yamaha Xmax terbaru juga ikut dikembangkan mengikuti aturan dan regulasi di Eropa. Adapun spesifikasi dari New Yamaha Xmax 300 ini yaitu:

  • 292cc Single cylinder Engine, SOHC, 4-valves
  • EURO5 Blue Core engine
  • Bore x stroke 70.0 × 75.9 mm
  • Compression ratio 10.9 : 1
  • Maximum power 20.6 kW @ 7,250 rpm
  • Maximum Torque 29.0 Nm @ 5,750 rpm
  • 4.3″ LCD instruments + Smartphone connectivity
  • New LED Radical X-shaped headlight
  • Traction control system (TCS)
  • Smart Key keyless ignition
  • Adjustable screen and handlebars

New Yamaha Xmax 300 hadir dengan dua varian yaitu varian standar yang memiliki warna icon blue dan sonic grey. Lalu varian Tech Max yang hadir dengan warna dark petrol dan tech black.

Jika melihat desain keseluruhan dari New Yamaha Xmax 300 maka konsep yang paling cocok untuk diterapkan pada motor terbaru ini menurut JSD adalah konsep touring karena motor ini sudah dibekali fitur-fitur yang cocok untuk digunakan berkendara jarak jauh. Modifikasi yang JSD buat untuk New Yamaha Xmax 300 ini hanya sekedar menambahkan aksesoris pendukung untuk touring seperti penambahan Add-on Screen di windshield untuk lebih memaksimalkan perlindungan dari angin saat berkendara, handguard, exhaust & fork slider dan top-box belakang. Selanjutnya untuk meningkatkan handling motor, JSD ganti suspensi belakang dengan merk Ohlins untuk Xmax dan suspensi depan menggunakan spring-kit dari brand yang sama. Warna cat motor JSD ganti dengan warna merah glossy yang digabungkan dengan warna silver matte dibagian tengah dan bawah mesin serta warna gold di bagian velg. Perubahan warna dan livery ini yang membuat tampilan motor menjadi lebih berbeda dari versi standarnya dan penambahan aksesoris yang tepat akan semakin memperlihatkan konsep modifikasi yang dibangun,

Dan untuk modifikasi digital New Yamaha Xmax versi racing, JSD sudah membuat satu desain dengan tema cyber city, sama dengan livery terbaru Yamaha Aerox.

Bagaimana menurut sobat tentang New Yamaha Xmax 300 ini. Suka kah kalian dengan bentuk dan desain baru dari motor ini ? Saat kalian melihat langsung motor ini mungkin kalian akan merasakan feel yang berbeda jika dibanginkan dengan melihat secara virtual dari komputer.

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.