Digital Modifikasi: The All New Honda CBR150R

Julak Sendie Design – PT. Astra Honda Motor secara resmi telah memperkenalkan secara virtual motor terbaru untuk awal tahun 2021 ini yaitu All New Honda CBR150R. Setelah sebelumnya banyak beredar rumor dan bocoran tentang tampilan baru All New Honda CBR150R, akhirnya kita semua bisa melihat bentuk asli dari motor terbaru Honda ini dan memang desainnya sangat mirip dengan Honda CBR250RR. Berubah total dari ciri khas CBR150 yang selama ini kita lihat dengan bentuk yang ramping menjadi lebih gambot dan sporty seperti seharusnya motor sport fairing.

Perubahan total All New Honda CBR150R dapat dilihat dari tampilan depan yang jika sobat sekilas melihat pasti akan mengira kalau motor ini tampak seperti CBR250RR. Mulai dari lampu depan, spakbor depan hinggan suspensi depan yang sudah menggunakan model USD. Bagian fairing juga dibuat mirip dengan CBR250RR yang bentuknya yang disesuaikan dengan frame CBR150R. Terdapat banyak lubang dan bentuk seperti sirip pada bagian fairing ini. Memang kalau dilihat dari samping, bentuk fairing All New Honda CBR150R ini terlihat lebih padat dan lebih sporty dengan banyaknya lubang aerodinamis dan juga lekukan-lekukan tajam. Bentuk tangki dan buritan juga berubah total dimana tanki yang digunakan sepertinya sama seperti CBR250RR yang menggunakan cover plastik sehingga bentuknya bisa dibuat lebih besar dan memanjang. Begitu juga dengan bodi belakang yang dibuat lebih lancip, dengan lampu belakang yang juga miirp dengan CBR250RR serta terdapat dua lubang sirip dibagian samping cover bodi belakang.

Yang masih tetap sama dengan versi sebelumnya ada pada bagian mesin yang tipenya masih sama, hanya saja ditambahkan fitur assist dan slipper clutch. Begitu juga dengan velg, bagian pengereman dan knalpot yang masih sama dengan versi sebelumnya. All New Honda CBR150R hadir dengan dua tipe, yaitu ABS dan Non-ABS. Ada 4 pilihan warna untuk Tipe Non-ABS yaitu Matte Black, Dominator Matte Black, Victory Black Red, dan Honda Racing Red. Sedangkan tipe ABS ada warna Dominator Matte Black, Victory Black Red, Honda Racing Red, spesial edisi MotoGP.

All New Honda CBR150R tipe Non-ABS warna Matte Black, Victory Black Red, dan Dominator Matte Black dijual dengan harga Rp 35.900.000. Sedangkan varian Honda Racing Red dijual dengan harga Rp 36.600.000. Untuk tipe ABS warna Victory Black Red dan Dominator Matte Black dibanderol Rp 39.900.000. Lalu varian Honda Racing Red dijual Rp 40.600.000, dan yang tertinggi adalah versi MotoGP Edition yang dijual dengan harga Rp 40.800.000 On The Road Jakarta.

Untuk versi modifikasinya, JSD telah membuat satu desain All New Honda CBR150R yang dimodif dengan konsep sport racing. Basic motor yang digunakan adalah tipe ABS warna merah hitam. Modifikasi yang JSD lakukan hanya sebatan mengganti part motor dengan produk after market untuk lebih mempertegas konsep modifikasi yang ingin JSD bangun, sementara untuk bentuk bodi tetap sama seperti aslinya. Livery yang JSD gunakan kali ini memang terlihat rame dengan banyak warna merah, putih dan hitam sehingga jika sobat lihat sekilas mungkin akan tampak kalau motor ini seperti dimodif total, padahal bentuk fairing tetap sama tapi dengan pemilihan livery yang tepat akan membuat tampilan motor jadi lebih berbeda.

Perubahan part yang paling mencolok adalah bagian kaki-kaki dimana velg dan ban standar diganti dengan velg merk OZ Racing tipe Piega R yang dibalut dengan ban Pirelli Diablo Supercorsa yang membuat tampilan motor tampak lebih racing. Bagian pengereman juga ikut diupgrade dengan menggunakan part dari Brembo. Agar terlihat lebih kokoh, arm standar diganti dengan yang lebih besar menggunakan part dari CB650R dan knalpot model underbelly yang juga mengadopsi dari CB650R. Beberapa aksesoris tambahan lain yang manfaatnya tidak hanya dari segi tampilan tapi juga fungsionalnya yaitu suspensi belakang model tabung merk Ohlins, spakbor belakang diganti model tail tidy, seat cover agar terlihat lebih racing, tankpad sebagai pelindung tangki, crankcase engine coder warna merah di bagian mesin dan beberapa aksesoris tambahan di bagian handgrip.

Overall, secara tampilan memang All New Honda CBR150R sekarang tampil lebih gambot dan sporty, sehingga hanya dengan sedikit modifikasi pada kaki-kaki dan livery motor membuat motor tampil beda dan lebih menarik.

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.