Kawasaki KLX 230 SM Racing Team

JSD | Julak Sendie Design – Bertepatan dengan event Jakarta Fair tahun 2022 di Jakarta tanggal 9 Juni 2022, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi memperkenalkan varian terbaru mereka untuk kelas motor trail 200cc-up tapi dengan jenis yang berbeda yaitu Kawasaki KLX 230 SM. SM sendiri berarti Supermoto yang merupakan varian baru dari keluarga KLX230. Kawasaki menghadirkan dua versi untuk KLX 230 SM ini yaitu KLX 230 SM (Standard) dengan warna hijau dan biru serta KLX 230 SM SE (Special Edition) dengan warna gold/emas.

Label SM dibelakang nama KLX 230 yang berarti Supermoto memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan KLX 230 versi trail standar. Hal pertama yang menjadi pembeda tentu jenis ban yang digunakan adalah ban dengan tipe on road, bukan ban model dual purpose atau ban trail. Velg jari-jari dengan diameter 17″ yang dipadukan dengan warna solid hitam untuk versi standar dan warna gold untuk versi SE. Selain itu, jenis suspensi depan juga berbeda dimana KLS 230 SM sudah menggunakan suspensi depan model UpSide Down (USD) dengan warna gold yang mencolok (khusus tipe SE).

Spesifikasi lengkap untuk KLX 230 SM yaitu :

Tenaga Maksimum14.0 kW / 19 PS @ 7,600 rpm
Torsi Maksimum19.8 N•m / 2.0 kgƒ•m @ 6,100 rpm
Jenis MesinPendingin udara, 4-Tak, Single
Volume Silinder233 cc
Diameter x Langkah67.0 x 66.0 mm
Perbandingan Kompresi9.4:1
Sistem KatupSOHC 2 katup
Sistem Suplai Bahan BakarFuel injection (32 x 1)
Sistem PengapianB&C (TCBI, EL. ADV. D.)
StartElectric starter
Transmission6-speed, return
Primary Reduction Ratio2.871 (89/31)
Final Reduction Ratio3.214 (45/14)
KoplingWet, multi-disc

Kawasaki KLX 230 SM untuk versi standar dijual dengan harga Rp 54,9 juta, tapi selama periode promo dihargai Rp 52,9 juta OTR Jakarta. Sedangkan KLX 230 SM SE dijual dengan harga Rp 56,7 juta, tapi saat ini masih dibanderol Rp 54,7 juta OTR Jakarta selama periode promo.

Selanjutnya untuk versi modifikasi digital, kali ini JSD membuat satu konsep desain KLX 230 SM SE versi Kawasaki Racing Team (KRT). Modifikasi yang dilakukan cukup sederhana tanpa merubah bentuk asli motor. JSD hanya mengganti livery asli menjadi model livery KRT terbaru dan mengganti beberapa part untuk memperkuat konsep racingnya. Basic motor yang digunakan adalah KLX 230 SM SE, tapi untuk bagian velg diganti warnanya karena livery yang digunakan adalah livery KRT sehingga velgnya diganti menjadi warna hitam dengan tambahan stiker velg khas KRT. Aksesoris bawaan motor untuk model SE tetap digunakan seperti cover sasis sama engine cover. Penggatian part racing hanya JSD lakukan di bagian knalpot, tail cover, hand guard, perangkat pengereman depan dan lampu depan yang diganti model single projector.

KLX 230 SM memang membawa angin segar untuk para penggemar supermoto di tanah air, apalagi dengan tampilan yang baru dan aksesoris yang sudah include dimotornya sehingga tidak perlu banyak modifikasi, motor sudah terlihat sangat keren. Cukup dengan modifikasi ringan dan mengganti beberapa part after market, motor jadi tampil lebih keren dan menarik dilihat.

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.