Yamaha Aerox 160 “Dek Rata”

JSD | Julak Sendie Design – Sejak kehadiran New Honda Vario 160, sedikit demi sedikit persaingan antara Honda Vario dan Yamaha Aerox semakin menarik. Tidak lama setelah peluncuran resminya, di jalanan raya sudah banyak kita lihat Honda Vario 160 dengan berbagai varian warna. Respon masyarakat terhadap Honda Vario ini sangat baik karena motor ini hadir dengan tampilan yang baru, sporty dan shape yang serba besar .

Memang banyak yang membandingkan antara Honda Vario 160 dengan Yamaha Aerox 155 Connected karena sama-sama memiliki bodi yang besar dan sporty. Banyak juga yang membuat video komparasi dua motor ini dengan pembahasan kekurangan dan kelebihan masing-masing motor. Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox 155 sama-sama memiliki bentuk bodi yang besar dan serba lancip serta cover bodi yang yang memiliki banyak layer. Sedangkan perbedaan yang paling khas antara kedua motor ini adalah tempat tangki bahan bakar yang letaknya berbeda. Honda Vario 160 memiliki tangki yang umum ada di bawah jok pengendara sehingga dek tengah tempat pijakan kaki dibuat rata, sama seperti motor matic pada umumnya dan ini merupakan ciri khas Honda Vario sejak dulu.

Yamaha Aerox 155 juga memiliki ciri khas tersendiri dengan tempat tangki bahan bakar yang ada di bagian tengah karena Yamaha Aerox termasuk salah satu dari varian di kelas Maxi Yamaha dimana posisi tangki ada dibagian tengah, sama seperti Yamaha Nmax. Yamaha sendiri memiliki varian lain yang juga memiliki bentuk dek yang rata tapi di kelas yang berbeda dengan Aerox yaitu Yamaha Freego dan Yamaha Lexy 125.

Agar komparasi antara Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox bisa lebih identik lagi maka JSD mencoba membuat desain custom untuk Yamaha Aerox dengan tampilan dek yang rata dan kapasitas mesin yang dinaikan menjadi 160 agar sama seperti Vario 160 plus suspensi belakang model tabung dan rem belakang model cakram. Konsep ini hanya sekedar ide modifikasi dari JSD yang ingin membuat tampilan Aerox menjadi lebih fungsional dengan dek rata dan mungkin bisa jadi alternatif lain untuk para pengendara yang ingin tampilan motornya terlihat sporty tapi tetap fungsional untuk keperluan sehari-hari.

Secara tampilan, JSD tidak merombak total bentuk dari Yamaha Aerox. JSD hanya fokus mengubah bagian dek tengah motor menjadi lebih rata. Agar terlihat menyatu dengan desain bodi belakang, bentuk cover dek tengah dibuat serba lancip dan tajam sehingga jika dilihat secara keseluruhan maka desain tersebut terlihat menyatu dan cukup proposional. Perubahan lain yang JSD lakukan adalah mengganti bentuk lampu belakang agar lebih lancip dengan menggunakan lampu dari All New Yamaha R15 yang merupakan salah satu ciri khas dari Yamaha R-Series. Sedikit perubahan juga JSD lakukan di cover tameng headlamp dengan membuat cover headlamp lebih menyatu dengan cover sayap.

Selain desain diatas, JSD juga membuat tiga desain lainnya dengan warna yang berbeda dan sedikit tambahan di bagian suspensi depan yang sudah menggunakan model USD agar terlihat lebih sporty lagi.

Gimana menurut sobat desain Yamaha Aerox 160 ini? apakah sudah pas jika dibandingkan dengan Honda Vario 160. Desain ini hanya sekedar olah digital dari JSD sebagai inspirasi buat sobat semua yang ingin memodifikasi Yamaha Aerox yang mempunyai tampilan yang sporty sekaligus tetap fungsional untuk keperluan sehari-hari.

Semoga Menginspirasi.

Satu pemikiran pada “Yamaha Aerox 160 “Dek Rata”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.