Yamaha Nmax E01 (E-ZeroOne)

JSD | Julak Sendie Design – Yamaha E01 (E-ZeroOne) merupakan motor listrik concept yang pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha Japan. Motor listrik ini rencananya akan diujicoba di negara Jepang, Eropa, dan beberapa negara di Asia. Beberapa waktu lalu di ajang Indonesia Internation Motor Show (IIMS) 2022, motor ini juga diperkenalkan secara resmi di Indonesia tapi belum ada informasi resmi apakah Indonesia juga termasuk negara yang akan menjadi tempat untuk motor ini dipasarkan nantinya.

Yamaha E01 menggunakan fix-battery lithium-ion dengan kapasitas 4,9 kWh yang diklaim dapat digunakan untuk menempuh jarak 104 km dalam sekali pengisian hingga penuh. Dengan kapasitas baterai tersebut, tenaga yang dihasilkan sebesar 8.1kW (11ps) / 5000rpm dan karena motor ini merupakan motor listrik maka torsi motor ini juga besar sekitar 3.1kg- m / 1950rpm. Yamaha E01 memiliki banyak fitur unggulan seperti kapasitas baterai yang besar dan pengisian daya yang cepat, lampu depan dual LED yang mirip seperti lampu Yamaha R1 sehingga tampilannya jadi lebih sporty, Riding Mode dan Speedometer Digital yang sudah terhubung dengan aplikasi Y-connected.

Secara tampilan, Yamaha E01 memang banyak yang menyebut sebagai Yamaha Nmax Electric karena tampilannya sangat mirip dengan Yamaha Nmax. Hal ini bisa dilihat dari stang model jetski yang merupakan ciri khas dari Nmax, lalu cover body tengah serta jok yang juga mirip seperti Nmax dan bentuk velg yang digunakan juga tampilannya mirip seperti velg Nmax. Mungkin ini merupakan versi masa depan dari Yamaha Nmax nantinya.

Dengan banyak kemiripan antara Yamaha Nmax dan Yamaha E01 maka JSD memiliki ide untuk menggabungkan dua konsep motor tersebut menjadi satu desain yang JSD sebut sebagai “Yamaha Nmax E01”. Basic motor yang JSD gunakan adalah Yamaha Nmax 155 Connected yang saat ini sudah banyak dipasarkan di Indonesia dan Eropa sehingga desain ini bisa jadi inspirasi untuk kalian yang ingin mengubah tampilan Nmax agar mirip seperti Yamaha E01.

Bagian depan yang menjadi ciri khas dari Yamaha E01 dimodif ulang menyesuaikan bentuk body depan Yamaha Nmax. Bagian stang, windshield, lampu sein dan lampu dual LED menggunakan part asli dari Yamaha E01, sementara cover body depan atas hingga bawah dimodif ulang agar terlihat lebih proposional dengan tampilan asli Nmax. Spakbor depan mengadopsi dari bentuk spakbor Yamaha E01. Untuk body belakang dan tengah juga dimodif ulang dengan mengadopsi desain dari Yamaha E01 yang memiliki behel belakang yang menyatu dengan bentuk cover bodinya serta cover bodi tengah yang juga ikut disesuaikan dengan bentuk cover bodi belakang.

Agar terlihat seperti Yamaha E01, livery yang digunakan juga sederhana tapi dengan warna yang berbeda yaitu warna biru khas Yamaha. Secara keseluruhan, desain ini terlihat seprti gabungan antara Yamaha Nmax dan Yamaha E01 yang tampilannya sangat sporty dan unik. Gimana menurut kalian sob..?

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.