Concept Design: Yamaha MT-25 Tracer

JSD | Julak Sendie Design – Pabrikan Honda dari waktu ke waktu semakin berani dalam mengeluarkan produk terbaru yang bisa dibilang sukses menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya fitur yang ditawarkan lebih banyak, dari sisi desain juga saat ini motor-motor terbaru Honda semakin menarik tampilannya dan yang terbaru adalah hadirnya Honda CB150X yang menjadi pelopor motor sport adventure 150cc di Indonesia. Motor besar tipe adventure saat ini memang sudah banyak variannya tapi lebih banyak dijual di Pasar Eropa dibandingkan pasar Asia seperti Honda CB500X, Yamaha Tracer, Suzuki V-Strom dan Kawasaki Versys.

Khusus untuk pabrikan Yamaha, motor sport touring yang dijual di pasar Eropa saat ini ada Yamaha Tracer 7 (MT-07 versi touring) dan Tracer 9 (MT-09 versi touring). Banyak yang berharap kalau Yamaha juga membuat motor sport touring untuk kelas 150cc dan 250cc walapun kemungkinannya sangat kecil karena peminat untuk tipe motor ini masih belum terlalu banyak. Tapi dengan banyak varian yang dibuat oleh Pabrikan Honda untuk tipe motor ini, setidaknya Yamaha juga bisa mempertimbangkan untuk ikut meramaikan pasar motor sport touring di kelas 150cc dan 250cc.

Terinspirasi dari Yamaha Tracer 7, JSD mencoba membuat desain custom untuk Yamaha MT25 dengan konsep sport touring. Berbeda dengan MT-07 dan MT-09, Yamaha MT-25 atau MT-03 memiliki desain lampu depan dengan single projector dan dua buah DRL dibagian atas headlamp. Dan tidak seperti motor naked lainnya yang memiliki jok tunggal, Yamaha MT-25 masih menggunakan split seat bertingkat sehingga masih ada kesan sporty nya di motor ini.

Untuk merubah konsep motor dari sporty menjadi touring, hal yang pertama JSD ubah adalah bagian depan dimana cover lampu depan diubah menjadi lebih tinggi dengan bentuk yang terinspirasi dari Yamaha Tracer 7. Perbedaannya terletak di lampu depan yang hanya satu buah projector dan bentuk DRL yang menggunakan lampu DRL asli dari MT-25. Selanjutnya di bagian shroud juga dibuat mirip seperti Yamaha Tracer 7 dengan beberapa perubahan yang menyesuaikan bentuk dari rangka dan tangki MT-25. untuk kenyamana berkendara saat perjalanan jarak jauh, bagian stang dibuat lebih tinggi dan sudah dilengkapi dengan pelindung tangan atau handguard serta windshield yang juga dibuat lebih tinggi agar aman terhadap angin.

Bagian belakang MT-25 yang masih menggunakan model jok split seat juga diubah menjadi single seat yang bentuknya terinspirasi dari Yamaha Tracer 7. Cover body belakang dibuat ulang menyesuaikan frame dari Yamaha MT-25, lengkap dengan lampu belakang dan juga spakbor belakang. Sedangkan bagian bawah motor masih sama seperti aslinya, tidak ada perubahan desain di velg, ban dan knalpot. Untuk melengkapi perjalanan jarak jauh maka desain Yamaha MT-25 Tracer ini juga JSD tambahkan dua buah box di belakang agar konsep touring pada motor ini bisa lebih terlihat.

Gimana menurut kalian sob? Apakah desain Yamaha MT-25 Tracer ini cukup mewakili harapan kalian agar Yamaha bisa mengembangkan motor sport touring di kelas 250cc dan 150cc..

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.