All New Yamaha R125 version 4.0 atau Yamaha R2 ???

JSD | Julak Sendie Design – Pabrikan Yamaha memiliki pasar penjualan sepeda motor yang global di seluruh dunia, tidak hanya di kawasan Asia tapi juga sampai ke Eropa dan Amerika. Setiap kawasan memiliki aturan atau regulasi yang berbeda sehingga produk sepeda motor yang dijual juga disesuaikan menurut regulasi masing-masing negara. Salah satu contoh produk yang sama dijual di Indonesia tapi berbeda nama dan spesifikasi jika dijual di Eropa adalah Yamaha R15 di Indonesia yang memiliki mesin 150cc tapi di Eropa diubah menjadi Yamaha R125 yang memiliki mesin 125cc.

All New Yamaha R15 version 4.0

Baru-baru ini Yamaha India sudah meresmikan Yamaha R15 version 4.0 terbaru dan isunya bahwa motor baru tersebut juga rencananya akan diluncurkan di Indonesia. Melihat respon yang baik dari banyak pihak bukan tidak mungkin varian tersebut juga akan dipasarkan di Eropa mengingat Yamaha R7 merupakan basic tampilan New R-DNA series Yamaha yang kemudian diturunkan di New Yamaha R15 version 4 ini. Jika benar Yamaha R15 v4 ini dipasarkan di Eropa maka kemungkinan besar namanya juga akan berubah, mungkin bisa diganti menjadi “Yamaha R125 version 4” atau mungkin bisa dengan nama baru yg beberapa waktu lalu sudah didaftarkan oleh Yamaha dengan nama “Yamaha R2“.

Selain mesin yang diganti menjadi 125cc, secara tampilan hampir seluruh bagian motor yang dijual di Eropa juga sama dengan yg di Asia, khususnya Indonesia. Hanya beberapa part saja yang berbeda dikarenakan regulasi dan minat dari orang Eropa. Perbedaan paling mencolok yang bisa dilihat pertama kali adalah bagian velg yang sebelumnya dibuat dengan model Y miring diganti dengan model V tegak. Dengan perubahan bentuk velg tersebut, perangkat suspensi dan pengereman bagian depan juga ikut berubah dimana sistem pengeremannya diletakan di bagian kiri, baik piringan cakram maupun kaliper. Spakbor depan juga ikut berubah sesuai dengan model R125 sebelumnya.

Jika melihat sekilas mungkin tidak terlalu berbeda antara footpegs Yamaha R15 dengan R125 tapi jika dilihat lebih detail maka ada sedikit perbedaan di pola lubang dan bagian penyangga knalpot. Lalu perbeda terakhir ada di bagian lampu sein (turn light signal) yang sudah menggunakan model LED. R125 versi sekarang dijual dengan dua varian warna yaitu biru dan hitam tapi karena R15 yang dipasarkan di India dijual dengan 5 varian warna yaitu biru, hitam, merah, monster energy dan grey dengan nama R15M maka JSD juga membuat desain R125 version 4 dengan lima variant tersebut.

Saat ini Yamaha R15 version 4 memang baru diluncurkan di India dan isunya juga akan segera hadir Di Indonesia. Sedangkan untuk pasar Eropa masih belum ada informasi resmi tentang R125 versi terbaru. Kita tunggu aja sob..

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.