Concept Design : Honda CBR250RR-R 4 Cylinder

JSD | Julak Sendie Design – Motor sport di kelas 250cc dengan mesin 2 silinder di Indonesia memang banyak variannya, mulai dari Yamaha R25, Honda CBR250RR hingga Kawasaki Ninja 250. Persaingan antar pabrikan memang sangat ketat untuk kelas 250cc dengan mesin 2 silinder tapi hal tersebut berubah semenjak Kawasaki meluncurkan motor sport dengan mesin yang sama tapi dengan varian 4 silinder yaitu Ninja ZX-25R. Motor dengan mesin 250cc dengan 4 silinder yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu suara mesin dan knalpot yang terdengar seperti Moge. Ciri khas mesin 4 silinder ini yang menjadi hal baru dan daya tarik tersendiri untuk konsumen di Indonesia dan benar saja bahwa mayoritas masyarakat di Indonesia sangat tertarik dengan motor 4 silinder ini.

Melihat reaksi positif banyak orang tentang Kawasaki ZX-25R dimana penjualan motor 4 silinder ini lumayan laris maka pabrikan lain seperti Yamaha dan Honda juga dikabarkan ingin mengembangkan motor 250cc dengan mesin 4 silinder. Yamaha diisukan akan mengembangkan R25 dengan 4 silinder, sedangkan Honda juga dikabarkan akan mengembangkan motor sport 4 silinder dengan nama CBR250RR-R.

Mengenai nama Honda CBR250RR-R ini memang terinspirasi dari New Honda CBR1000RR-R fireblade. Isu tentang CBR250RR-R memang belum ada kabar secara resmi dan hingga saat ini belum pernah ada beredar foto spyshot ataupun bocoran resmi mengenai motor ini. Semua kabar tentang CBR250RR-R masih sebatas konsep dalam bentuk desain render. Dan kali ini JSD juga mencoba membuat desain konsep untuk Honda CBR250RR-R versi JSD.

Konsep pada gambar ini pada dasarnya merupakan perpaduan antara bodi All New CBR150R dan CBR250RR lalu dipadukan dengan mesin 4 silinder. Desain over headlamp menggunakan desain dari CBR150R yang digabungkan dengan cover samping dari CBR250RR. Lalu fairing tengah menggunakan desain CBR150R yang dibuat menggantung tanpa undercowl, mirip seperti desain Ninja H2. Hal ini sengaja JSD buat agar dapat memperlihatkan bentuk dan desain knalpot dari mesin 4 silinder sehingga jika pertama kali sobat melihat desain ini maka sobat sudah tahu kalau desain ini menggunakan mesin 4 silinder.

Selanjutnya untuk bodi belakang menggunakan desain CBR150R yang digabungkan dengan desain lubang aerodinamika dari CBR500R. Untuk bagian mesin dan kaki-kaki, JSD mengambil desain dari Honda CB650R agar terlihat seperti moge dan mesin 4 silinder-nya juga bisa lebih terekspose. Memang desain mesin tersebut diambil dari CB650R yang memiliki kapasitas 650cc, bukan 250cc. Tujuan JSD menggunakan desain mesin tersebut hanya untuk dapat lebih memperlihatkan mesin 4 silindernya saja agar sesuai dengan judul konsep yang JSD bangun.

Secara keseluruhan, tampilan desain motor ini memang tampak seperti motor sport besar alias moge dengan kaki-kaki yang lebar, bodi yang besar serta mesin dengan 4 silinder. Buat sobat yang punya All New CBR150R atau CBR250RR, desain konsep ini juga bisa jadi inspirasi buat sobat semua yang ingin memodifikasi motor kesayangannya agar tampil beda dari yang lain.

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.