Julak Sendie Design – Yamaha Thailand akhirnya secara resmi meluncurkan motor sport vintage untuk kelas 150cc dengan label “All New Yamaha XSR155” di Bangkok, Jumat 16 Agustus kemaren. Motor yang mempunyai basic dari MT-15 ini memang mirip dengan motor jenis XSR yang telah lama hadir di Eropa yaitu XSR-900. All New XSR-155 tidak sepenuhnya tampil klasik, sentuhan modern sangat kental di motor ini, terlihat dari velg yang menggunakan velg MT-15 dan tentu saja frame deltabox yang tampil sangat menonjol dibagian tengah. Banyak yang menyayangkan penggunaan deltabox untuk motor klasik, tapi justru itu yang menjadi ciri khas dari motor XSR Yamaha, bukan modern klasik tapi lebih ke sport vintage.

Selain deltabox dan USD, masih banyak fitur-fitur baru yang ditawarkan di XSR-155 ini. berikut fitur dan spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi :
ENGINE | |
• Engine | 4-stroke, single cylinder, SOHC, |
4-valve, water-cooled VVA technology | |
• Cylinder volume | 155 cc |
• Compression ratio | 11.6: 1 |
• Cylinder x Stroke | 58.0 x 58.7 mm |
• Lubrication system | Wet |
• Fuel supply system | Injector |
• Ignition system | TCI |
• Clutch system | Wet type, multi-plate type (Sassafras clutch) |
• Transmission system | Sport type, 6 levels |
• Start system | Electric hand start |
• Fuel | Unleaded gasoline Or gasohol (E10) |
• Fuel capacity | 10 liters |
• Engine oil capacity | 0.85 liters (in the case of no oil filter change) |
0.95 liters (in case of changing oil filter) | |
• Radiator capacity | 0.49 liters |
• Radiator tank capacity | 0.15 liters |
•spark plug | NGK / MR8E9 |
FRAME | |
• Frame type | Delta Box |
• Caster angle / short distance | 25.7 ° / 89 mm |
• Width x Length x Height | 805 x 2,000 x 1,080 mm. |
• Height from floor to seat | 810 mm |
• Distance from floor to device | 170 mm |
• Center range between wheels | 1,330 mm. |
• Total weight of engine oil and full fuel tank | 134 kg |
• Super narrow turning radius | 2,200 mm. |
SUSPENSION | |
• front | Telescopic (Inverted Shock) |
• rear | Swing arm (telescopic arm, rear shock absorber) |
TIRES | |
•front | 110/70 – 17 M / C 54S |
•rear | 140/70 – 17 M / C 66S |
ELECTRIC | |
• battery | 12 V. 3.0 Ah / YTZ4V (MF) |
• Headlight | LED |
• Brake lights / rear lights | LED |
Di Thailand, Yamaha XSR 155 dijual dengan harga 91,500 Bath atau setara Rp 42,7 juta jika dibawa ke Indonesia. Ada empat pilihan warna yang dihadirkan Yamaha yaitu putih merah, abu-abu, hitam dan hijau.

Tentu akan terasa kurang jika JSD tidak memberikan versi modifikasi digital dari XSR155. Secara keseluruhan, XSR155 sudah memiliki bentuk yang proposional dan sesuai konsep yang diusung oleh Yamaha. JSD hanya mencoba membuat sedikit perbedaan agar terlihat lebih kental lagi konsep modern klasiknya. Hal pertama yang JSD ubah agar nuansa klasiknya muncul adalah velg XSR155 yang JSD ganti dengan model jari-jari dengan warna gold. Selanjutnya knalpot yang JSD ganti dengan model yang lebih pendek dan sporty, custom rear fender, mudguard dan jok yang dibuat lebih sporty dengan digabungkan cover jok dibagian ujungnya. Agar bagian tengah tidak terlalu kosong, JSD menambahkan custom shroud dengan bentuk yang sedikit kotak mengikuti bentuk dan lengkukan tangki. Shroud ini terlihat selaras dengan engine cover bawaan asli XSR155. Yang terakhir adalah penambahan berbagai aksesoris untuk memperkuat konsep modifikasi yang ditampilkan.

Detial Modifikasi :
- Classic Wheels with Gold Color
- Custom Exhaust
- Mudguard / License Plate Holder Side Arm
- Custom Rear Fender
- Custom Seat
- Custom Shroud
- Custom Radiator Cover
- Addition Accessories
Desain modifikasi kedua mengadopsi warna biru dan silver serta tambahan windshield dan sidepad dari produk NEMO dari GMA Product Series. Dengan tambahan windshield tersebut, tampilan motor tampak seperti konsep cafe racer modern.

Semoga Menginspirasi.