Compare : Old vs New Yamaha YZF-R3 Racing

Julak Sendie Design – Setelah sebelumnya JSD membahas tentang perbedaan New Yamaha YZF-R3 / R25 dengan versi saat ini, kali ini JSD coba membuat perbedaan untuk motor versi racing alias balapan. Seperti sobat tahu kalau Yamaha juga ikut serta dalam beberapa kejuaraan balap motor internasional seperti MotoGP, World Superbike (WSBK), World SuperSport (World-SSP) dan World-SSP300. Salah satu motor yang digunakan di ajang World SSP300 adalah Yamaha YZF-R3 oleh tim GRT Yamaha WorldSSP300.

Dengan hadirnya New Yamaha YZF-R3 beberapa saat lalu yang memiliki desain muka terbaru dan bentuknya sudah mirip seperti motor Yamaha R-Series, tentu Yamaha akan menggunakan motor baru tersebut sebagai motor balapnya di ajang World-SSP300. Walapun belum ada info resmi dan belum ada kepastian sponsor-sponsor yang logonya akan ikut nempel di New Yamaha YZF-R3 versi Racing, JSD mencoba terlebih dahulu membuat tampilan desainnya.

Yamaha R3 WorldSSP 2018
Old Yamaha YZF-R3

Seperti yang sobat tahu kalau JSD tidak akan membahas soal komparasi mesin ataupun kecepatan tapi JSD akan membahas tentang desain dan tampilannya. “All about Design“.

New Yamaha YZF-R3 memiliki perubahan yang paling signifikan di bagian depan, mulai dari bentuk lampu, cover hingga visor yang bentuknya berbeda jauh dari versi lama. Jika sebelumnya Yamaha YZF-R3 memiliki dua lampu yang bentuknya tajam dan besar, di New Yamaha YZF-R3 ini lampu yang digunakan sudah LED tapi dengan dimensi yang lebih kecil, bentuknya sekilas mirip dengan Yamaha All New R15.

Jika dibandingkan keduanya dari tampilan depan maka sobat bisa lihat perbedaannya. Ciri khas R25/R3 yang memiliki desain headlamp dengan sudut yang tajam seakan hilang dan berganti menjadi Yamaha R-Series yang bentuk semuanya hampir mirip dengan All New R6 dan All New R15. Sehingga jika dulu Yamaha R25/R3 memiliki karakteristik tampilan tersendiri, saat ini New Yamaha YZF-R3 sudah hampir termasuk dalam keluarga R-Series. JSD katakan hampir karena perubahannya sementara hanya fokus dibagian depan dan fairing samping, sementara bagian belakang, rangka dan kaki-kaki masih menampilkan karakter asli R25/R3 dari saat pertama kali diluncurkan.

Headlamp Old R3 vs New R3

Selain bagian lampu dan cover depan, Perbedaan yang paling mencolok adalah di shock depan yang sudah menggunakan model USD. Hal ini tentu akan memberikan pengaruh pada performa motor jika dibandingkan dengan versi lama yang belum menggunakan shock USD. Jika dilihat dari bagian depan maka sobat juga bisa melihat bahwa perubahan fairing samping di New Yamaha YZF-R3 membuat tampilan motor menjadi lebih lebar. Tapi walapun terlihat lebih lebar, fairing baru tersebut terlihat lebih dinamis dengan banyaknya lekukan dan sudut yang tajam, ditambah juga dengan sepasang winglet kecil yang ada di bagian bawah untuk efek aerodinamika. Tidak lupa juga spakbor depan yang digunakan sudah memiliki dimensi yang besar dan tampilan seperti motorsport sehingga jika dilihat dari tampak depan menjadi lebih sporty dan racing.

Old R3 R25 vs New R3 R25

Mungkin banyak dari sobat yang memiliki ekspektasi yang berbeda-beda, tapi tentu kualitas suatu produk tidak hanya dari sisi tampilan saja, pasti ada fungsi dan tujuan dari dibuatnya suatu bentuk dan tampilan sebuah motor. Apakah bentuk baru New Yamaha YZF-R3 akan memberikan dampak positif dan nyata di ajang balapan resmi, tentu tinggal masalah waktu saja. Last, selera itu subjektif dan berbeda-beda tergantung sudut pandang sobat masing-masing. Jadi, apakah New Yamaha YZF-R3 ini sudah sesuai dengan selera sobat..?

Semoga Menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.